Lowongan Kerja EKSPORT IMPORT OFFICERdi Aica Mugi Indonesia, [REGION_NAME]

Lowongan Kerja Posisi EKSPORT IMPORT OFFICER di Aica Mugi Indonesia

DESKRIPSI LOWONGAN KERJA

Informasi Tambahan Lowongan Kerja

Tingkat Pekerjaan :
Kualifikasi :

Export Import Officer

Kompetensi Fungsi yang harus dimiliki :

  • Paham tentang prosedur kegiataan Ekspor Import
  • Menguasai aturan kepabeanan (Paham tentang perijinan Ekspor Import), memiliki sertifikat kepabeanan menjadi pertimbangan
  • Paham tentang pengurusan Perizinan ke Lembaga pemerintahan (PI = Persetujuan Impor)
  • Paham tentang pengisian dokumen PIB (Pemberitahuan Impor Barang) & PEB = Pemberitahuan Ekspor Barang di CEISA 4.0 dan system SKA = Surat Keterangan Asal
  • Biasa melakukan booking ke forwarder / shipping line.
  • Biasa dengan system Oracle/SAP
  • Menguasai Bahasa Inggris
  • Berorientasi kepada target dan hasil, Komunikatif, supel, proaktif dan inisiatif dan bisa bekerjasama.

 

Tugas Tanggung jawab/Uraian Tugas :

  1. Menindaklanjuti dokumen Invoice, Packing List, B/L , AWB,  CO dan membuat PIB.
  2. Cros cek harga barang diinvoice dan PO Import.
  3. Melakukan komunikasi ke PPJK, Forwarder /Shipping line.
  4. Melakukan transfer data ke Bea Cukai dan follow up internal.
  5. Menindaklanjuti respon SPPB ke PPJK untuk pengeluaran barang Impor dan Berkoordinasi dengan bagian Gudang untuk proses penerimaan barang Impor.
  6. Mendokumentasikan dokumen PIB (Invoice, Packing list, B/L) untuk arsip dan Accounting.
  7. Melakukan pengurusan asuransi untuk shipment Impor dengan term Ex-work, FOB, CNF 
  8. Melakukan proses Klaim Asuransi jika ada barang Impor yang rusak.
  9. Monitoring progress Impor setiap hari.
  10. Mengurus perijinan yang berkaitan dengan aktivitas Impor (BPOM, Bea Cukai, Deperindag, BKPM, Kementrian Lingkungan Hidup, dll yang terkait).
  11. Menyiapkan laporan realisasi atas perizinan PI Kehutanan ke Departemen Kehutanan & Perdagangan.
  12. Membantu menyiapkan data untuk Audit dari Bea dan Cukai.
  13. Mempersiapkan data untuk proses laporan asuransi Inland transit & follow up invoice atas asuransi tersebut setiap bulan
  14. Follow up & Mengecek tagihan handling Import sebelum diajukan ke Supervisor dan Manager Departemen dan Pengecekan invoice sewa, handling, trucking dari Vendor terkait penerimaan dan pengiriman Barang Impor
  15. Melakukan koordinasi dengan pihak Bea Cukai jika ada kendala teknis tentang dokumen kepabeanan.
  16. Membantu untuk proses AEO Fasilitas.

Pengalaman Kerja :
Jenis Pekerjaan : Full time
Spesialisasi Pekerjaan : Manufaktur, Transportasi & Logistik / 6092

Informasi perusahaan Pemberi Kerja, Aica Mugi Indonesia

Aica Mugi Indonesia

Informasi Tambahan Perusahaan Aica Mugi Indonesia

Ukuran Perusahaan :
Waktu Proses Lamaran :
Industri : Manufaktur, Transportasi & Logistik
Tunjangan dan Lain-lain :
Lokasi : Bekasi